Tentang Blog ini

Blog ini adalah kumpulan tulisan tentang pengalaman saya beriteraksi dengan orang Jepang. Saya pernah tinggal di Jepang selama sepuluh tahun. Enam tahun pertama sebagai mahasiswa S2-S3, dan enam tahun berikutnya sebagai peneliti tamu di beberapa universitas. Kemudian saya kembali ke tanah air, untuk bekerja di perusahaan Jepang. Hingga saat ini keseharian saya diwarnai oleh interaksi saya dengan orang Jepang.

Meski berniat menulis tentang budaya Jepang, saya tidak berani menyebut blog ini sebagai sebuah blog tentang kebudayaan. Pertama, karena saya tidak melakukan studi yang mendalam tentang budaya Jepang. Kedua, fokus blog ini adalah soal pengalaman saya. Saya sebagai orang Indonesia. Yang saya tulis adalah hal-hal yang menarik perhatian saya, dan saya menulisnya dengan kacamata orang Indonesia.

Ada beberapa teman yang meminta saya menulis tentang beberapa aspek dalam budaya Jepang, seperti tentang geisha atau harakiri. Saya tidak menulis tentang hal tersebut, karena bukan atau belum menjadi pengalaman saya.

Dulu saat bercerita bahwa saya tinggal di Jepang, reaksi kebanyakan orang adalah, “Wah, Negara Oshin ya.“ Oshin, tokoh drama yang disiarkan TVRI di tahun 90-an memang salah satu ikon untuk mengenal Jepang di berbagai negara.

Sayangnya Oshin adalah cerita tentang Jepang di masa lalu.  Jepang yang saya lihat adalah Jepang yang sudah jauh berbeda dibanding dengan jaman Oshin. Melalui blog ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Jepang yang berbeda itu. Judul blog ini, “Jepang, bukan cuma Oshin” mewakili hasrat itu.